Sabang (ANTARA Aceh) - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang Zainal Faizin menyampaikan, tingkat partispasi pemilih di pulau paling ujung barat Indonesia pada Pilkada 2017 melebihi target nasional.

"Partispasi pemilih meningkat drastis dan jumlahnya 20.673 (84 persen) dari jumlah DPT 24.634, angkat ini melebihi target nasional sebesar 77,5 persen," kata Ketua KIP Kota Sabang Zainal Faizin di Sabang, Kamis.

Ia menjelaskan, jika dibandingkan dengan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) tahun lalu tingkat pemilih malahan meningkat hingga 24 persen pada Pilkada serentak yang berlangsung 15 Februari 2017 lalu.

"Pileg dulu jumlah pemilihnya sekitar 60 persen dari total DPT dan Pilpres turun menjadi 50 persen, artinya tingkat pemilih di pilkada serentak ini meningkat hingga 24 persen," jelasnya.

Ada pun hasil pleno rekapitulasi perolehan suara pada pilkada serentak di Sabang, Aceh menunjukkan jumlah pemilih keseluruhan 20.673 suara diantranya, 20.314 suara sah dan 359 suara rusak.

Dari jumlah DPT 24.634 yang tersebar di 65 TPS se-Kota Sabang, sebanyak 3.961 (16 persen) diantaranya tidak mengunakan hak pilihnya sebagai warga negara.

Ketua KIP Kota Sabang juga mengakui, meningkatnya partispasi pemilih pada pilkada serentak ini tidak terlepas dari peran aktif masyarakat serta penyelenggara lainnya dalam mensosialisasikan tahapan pilkada itu sendiri.

Pilkada yang berlangsung di 101 daerah se-Indonesia dan 21 di antaranya di Aceh termasuk pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota berlangsung tertip dan aman di pulau paling ujung barat Indonesia sampai penetapan perolehan suara pasangan calon gubernur dan walikota oleh KIP setempat.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017