Penjabat (PJ) Wali Kota Lhokseumawe, Imran menghadiri kegiatan Pelatihan Wirausaha Pemula, Digital Marketing dan Launching UMKM Center untuk mendukung sertifikasi halal untuk produk UMKM, Selasa (10/10/2023).
 
Menurut Imran, UMKM harus terdata, tertata, dan terfasilitasi untuk mewujudkan Go Digital. Upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah, termasuk mengadakan berbagai acara seperti Ahad Festival dan Ramadhan Fair yang melibatkan UMKM. Serta mendukung sertifikasi halal untuk produk-produk mereka. Sertifikasi ini salah satu upaya agar produk yang di hasilkan lebih berkualitas. 
 
Imran juga menyarankan pelaku UMKM dapat meningkatkan hasil produksi yang saat ini beroperasi skala kecil dalam mayoritas. Terlebih pemerintah juga memberikan dukungan untuk UMKM dalam mengelola bisnis lebih efisien 
 
UMKM khususnya di Lhokseumawe harus bisa diakses oleh semua masyarakat.
 
"Jadi semua UMKM itu sudah harus bisa diakses oleh semua orang termasuk juga oleh daerah lain" ungkap Imran.
 
Pj Wali Kota juga berharap seluruh UMKM yang ada di Lhokseumawe bisa turut serta untuk memamerkan produknya secara individu atau berkelompok.
 
Pada kegiatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Muhammad Rizal mengatakan pelatihan tersebut merupakan program peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang dipercaya oleh pemerintah pusat dan dihadiri puluhan peserta.
 
"Jumlah peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari 25 wirausaha pemula yang dilakukan selama 4 hari mulai dari tanggal 10 - 14 Oktober, dan sebanyak 25 wirausaha pelatihan digital marketing yang berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 10 - 15 Oktober,” tambah Muhammad Rizal.

Penulis: Syarifah Raiqah Salsabila, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh Lhokseumawe

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023