Meulaboh (ANTARA Aceh) - Ratusan aparat TNI Kodim 0116 Kabupaten Nagan Raya, Korem 012 Teuku Umar, membersihkan di sepanjang pantai wisata Indah Naga Permai, Sabtu, dalam rangka peringatan hari peduli sampah nasional 2017.

Komandan Kodim 0116 Nagan Raya Letkol Kav Mochamad Wahyudi kepada wartawan menyampaikan, kegiatan tersebut dikombinasikan dengan kegiatan TNI dalam gerakan nasional Indonesia bersih.

"Kegiatan peduli sampah nasional ini kita kombinasikan dengan kegiatan TNI dalam gerakan nasional Indonesia bersih. Harusnya kegiatan dilakukan Jumat (24/2), karena ada kesibukan lain, jadi kita laksanakan hari ini," sebutnya.

Dandim M Wahyudi menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan setelah mendapat surat edaran dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, perpaduan kegiatan ini melibatkan unsur Pemerintah Daerah Nagan Raya, pelajar serta masyarakat.

Kosentrasi kegiatan pada hari pertama dimulai kegiatan tersebut di Pantai Indah Naga Permai, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya, kawasan tersebut merupakan salah satu objek wisata bahari daerah tersebut yang tidak pernah sepi dikunjungi warga.

Kegiatan demikian akan terus berlanjut pada semua kecamatan yang dilakukan bersama-sama dan akan terus ditingkatkan dengan mengkombinasikan dengan kegiatan Jum'at bersih yang dilaksanakan rutin satu kali dalam seminggu.

"Kosentransi hari pembersihan hari ini di daerah pantai wisata, kemudian dibeberapa titik jalan, kemudian pasar, lingkungan perkantoran. Kegiatan seperti ini akan terus berlanjut untuk mendukung untuk Indonesia bebas sampah 2020," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, pihak TNI terus mendorong peningkatan partisipasi masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membudayakan gotong royong untuk kepribadian masyarakat.

Bahkan sebut Dandim Letkol Kav Mochamad Wahyudi, pihaknya selalu mengintruksikan pada setiap digelar ivent-ivent di daerah tersebut, begitu acara selesai maka sampah harus dikutip sehingga tidak tersisa di tempat acara.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya membudayakan gotong royong dan membiasakan tidak membuang sampah pada sembarangan tempat.

"Untuk kecamatan lain dan lokasi, tempat lain juga akan terus dilakukan bersama-sama tentunya dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Seperti di perkantoran pemerintah akan ada Jumat bersih yang terus menerus dilakukan," katanya menambahkan.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017