Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mendorong penguatan digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi di tanah rencong melalui e-Catalog lokal Aceh.
 
"Pemerintah Aceh terus mendorong digitalisasi UMKM dan koperasi melalui e-Catalog lokal Aceh atau e-Coach," kata Achmad Marzuki, di Banda Aceh, Senin.
 
Marzuki menyampaikan, langkah tersebut juga sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo terkait reformasi birokrasi tematik melalui digitalisasi administrasi pemerintahan, untuk terciptanya birokrasi tangkas. 
 
Serta, reformasi birokrasi bidang pengadaan barang/jasa dengan cara meningkatkan porsi UMKM dan koperasi, serta mengupayakan efisiensi belanja pemerintah.
 
Alhamdulillah, lanjut Marzuki, pekan lalu Pemerintah Aceh mendapat dana insentif fiskal (DIF) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI lebih kurang mencapai Rp10,4 miliar.
 
Dana tersebut merupakan reward untuk Pemerintah Aceh karena sukses dalam dua kategori, yaitu kinerja penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan penghapusan kemiskinan ekstrim di Aceh.
 
"Penghargaan DIF dari kategori penggunaan PDN bagi Pemerintah Aceh merupakan dampak dari realisasi belanja Pemerintah Aceh dalam penggunaan produk dalam negeri pada penyedia UMKM dan koperasi melalui e-Catalog lokal Aceh," ujarnya.
 
Sementara, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Aceh Teuku Aznal menegaskan pihaknya juga terus memberikan pelayanan kepada pelaku usaha dalam hal memberikan pemahaman terhadap penggunaan e-Catalog lokal Aceh tersebut. 
 
Di mana, saat ini sudah tersedia 42 etalase yang ada pada e-Catalog lokal Aceh (e-Coach).
 
"berharap agar UMKM dan koperasi dapat memanfaatkan platform digital ini untuk menjual produk usahanya kepada pemerintah baik kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, serta pemerintah daerah lainnya," katanya.
 
Untuk diketahui, saat ini sudah ada 2.166 penyedia yang sudah mendaftar menjadi penyedia barang/jasa pemerintah pada e-Catalog lokal Aceh (e-Coach).
 
"Bahkan, sudah ada yang menayangkan sebanyak 23.888 produk pada 42 etalase yang tersedia pada e-Coach," demikian Teuku Aznal. 

Baca juga: BSI: Muslimpreneur wujud komitmen lahirkan wirausaha muda

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023