Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat mencatat ratusan rumah warga yang tersebar di delapan desa di Kecamatan Pante Ceureumen, hingga Selasa siang dilaporkan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter.

“Tidak ada laporan korban jiwa dalam bencana alam ini,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Aceh Barat, Mashuri kepada ANTARA di Meulaboh, Selasa.

Ia menyebutkan, total sementara rumah warga yang terendam banjir akibat bencana alam tersebut mencapai 130 unit rumah, dan diperkirakan akan terus bertambah.

Baca juga: Delapan desa di Aceh Singkil terendam banjir yang dipicu hujan deras

Ada pun desa yang terendam banjir di Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat diantaranya Desa Seumantok (106 rumah), Desa Keutambang (10 rumah), Desa Jambak (6 rumah), Desa Canggai (rumah).

Selain itu, desa yang terdampak banjir di kawasan pedalaman ini masing-masing Desa Pulo Teungoh, Desa Lango, serta Desa Berdikari.

Mashuri mengatakan penyebab terjadinya bencana banjir di daerah itu disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi sejak Senin (16/10) sore hingga tengah malam sehingga mengakibatkan aliran sungai di sejumlah desa di Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Hingga Selasa siang, kata dia, air masih menggenangi rumah warga dengan ketinggian mencapai satu meter, termasuk di halaman rumah warga.

“Banjir juga turut meredam ruas jalan dengan ketinggian mencapai 30 sentimeter,” kata Mashuri.

BPBD Aceh Barat bersama pihak terkait terus berupaya melakukan penanggulangan termasuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam di kawasan itu, tuturnya.

Baca juga: Lima daerah Aceh berstatus siaga banjir yang dipicu hujan deras

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023