Personel Satuan Polisi Air Udara Polres Aceh Barat meningkatkan patroli kapal nelayan di wilayah perairan Meulaboh, Aceh, sebagai upaya mengantisipasi penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan dan tindak kejahatan.

“Patroli Perairan ini juga dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas di laut,” kata Kasatpolairud Polres Aceh Barat, Iptu Suherman di Meulaboh, Rabu.

Ia mengatakan, patroli rutin yang dilaksanakan tersebut guna memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum perairan Kabupaten Aceh Barat dengan menggunakan KP. Nilam C2-2012.

Dalam kegiatan ini, pihaknya mengerahkan tujuh orang personel guna memantau situasi di wilayah hukum Polres Aceh Barat.

Iptu Suherman mengatakan patroli rutin yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk melakukan pemantauan aktivitas kegiatan kaBaca juga: TNI AL dan Pemkot Lhokseumawe gelar patroli terpadu cegah imigran Rohingyapal - kapal nelayan, agar tidak menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

Selain itu, pemantauan dilakukan kepolisian untuk memastikan tidak ada barang angkutan nelayan yang mengangkut barang terlarang atau narkotika.

“Kami juga turut memeriksa barang-barang muatan dan dokumen kapal,” katanya menambahkan.

Iptu Suherman mengatakan patroli perairan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas di laut, serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban
masyarakat di perairan Kabupaten Aceh Barat tetap aman.

Dalam patroli ini pihaknya juga tidak menemukan nelayan yang menggunakan atau membawa Narkoba serta obat-obatan yang terlarang lainnya.

“Kami juga mengimbau nelayan agar selalu menggunakan jaket pelampung dan menjaga keselamatan pada saat berlayar,” demikian Iptu Suherman.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023