Kontingen Kota Sabang berhasil menoreh prestasi dalam beberapa perlombaan pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 yang berlangsung mulai 4-12 November 2023 mendatang.

“Alhamdulillah ada beberapa perlombaan yang Sabang masuk sebagai daftar juara,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Sabang Murdiana di Banda Aceh, Jumat.

Adapun beberapa perlombaan itu seperti lomba boh gaca sebagai juara harapan satu, lomba busana tradisi sebagai juara harapan satu, lomba musik tradisi garapan sebagai juara harapan dua, dan lomba musik kreasi sebagai juara tiga sekaligus juara favorit.

“Yang belum pengumuman pameran anjungan dan lomba masak kuliner,” ujarnya.

Ia menjelaskan Kontingen Kota Sabang mengikuti sebanyak 23 perlombaan dari total 25 lomba dalam ajang PKA ke 8. Sabang yang tidak ikut hanya pertunjukan tari warisan budaya tak benda (WBTB) dan catoe ruimueng (catur harimau).

“Kita turun tim 217 orang, di antaranya 100 orang ikut pawai dan 117 ikut lomba kesenian, wastra, permainan rakyat dan sebagainya,” ujarnya.

Tentunya, Diana menambahkan, para peserta dari Kota Sabang telah menampilkan penampilan yang terbaik. Pihaknya memberi apresiasi kepada peserta dari kontingen Sabang yang telah berjuang di setiap perlombaan pada PKA 8.

“Yang terpenting apapun itu, kita menampilkan yang terbaik dalam menyukseskan dan berpartisipasi dalam PKA ke 8 ini,” ujarnya.

Untuk anjungan Kota Sabang, kata Diana, Pemkot Sabang memperkenalkan lima jalur rempah pada anjungan kota itu di PKA ke 8 yakni sejarah, kesenian, wastra, kuliner dan rempah.

Pemkot mengajak masyarakat untuk mengunjungi anjungan Sabang, yang telah menyiapkan beragam informasi terhadap peran Kota Sabang dalam jalur rempah dunia.

Baca juga: Masih buka! Yuk, simak sejarah perdagangan rempah dunia Sabang di PKA 8

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023