Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin menyatakan masyarakat Banda Aceh selalu siap memberikan dukungan bagi rakyat Palestina, baik doa, moril hingga finansial.

“Kita selalu sosialisasi ke masyarakat, Palestina butuh dukungan, kita semua harus bergerak untuk menolak agresi Israel ke Palestina,” kata Amiruddin di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan saat menerima kunjungan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair SM Al Shun di Pendopo Wali Kota Banda Aceh. Turut hadir Asisten Pemerintahan Pemkot Banda Aceh Bachtiar dan Kabag Tapem Muhammad Ridha dan Kabag Kesra Fahrul razi.

Dirinya mengaku senang bisa menyambut kehadiran Dubes Palestina di Banda Aceh. Pemkot bersama masyarakat kota selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di Gaza, dan mengaku prihatin dengan apa yang sedang dialami rakyat Palestina.

“Kami terus mengikuti perkembangan di Gaza, agresi yang dilakukan Israel merupakan kejahatan yang melanggar hukum internasional, tentu saja tidak dapat ditolerir,” katanya.

Dia mengatakan seluruh masyarakat Banda Aceh dan Aceh secara keseluruhan turut merasakan penderitaan yang dirasakan rakyat Palestina sebagai saudara seiman, sehingga selalu siap memberikan dukungan apapun.

Bukan hanya kepada warga kota, kata Amiruddin, pihaknya juga telah menyerukan kepada seluruh PNS jajaran Pemkot untuk terus berdoa dan menggalang donasi untuk disumbangkan ke Palestina.

Dalam pertemuan itu, Zuhair juga menyampaikan kondisi terkini di Palestina. Agresi yang dilakukan Israel sudah berlangsung 38 hari dan telah menyebabkan lebih dari 12 ribu rakyat Palestina meninggal dunia dan lebih dari 30 ribu mengalami cedera.

Akibat dari serangan Israel tersebut, kondisi saat ini di Gaza terjadi krisis air bersih, listrik dan makanan karena dikontrol oleh Israel.

Palestina juga sepakat kerjasama dengan Universitas Syiah Kuala (USK), sehingga sebanyak 50 orang anak Palestina akan diberikan beasiswa oleh USK untuk menimba ilmu di kampus kebanggaan masyarakat Aceh itu.

Selain itu, Dubes Zuhair juga meminta kepada Pemkot Banda Aceh agar dapat memberikan dukungan terhadap program beasiswa tersebut.

"Dalam beberapa hari ini kami akan duduk untuk membahasnya. Nanti kita akan diskusikan support seperti apa akan kita berikan untuk program ini," kata Amiruddin menanggapi permintaan Dubes Palestina.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023