Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menghibahkan anggaran sebesar Rp34,2 juta kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten setempat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya Tahun 2024.

“Besaran bantuan dana hibah Pilkada Kabupaten Nagan Raya kepada KIP Nagan Raya ini, teknis penyaluran dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap satu sebesar 40 persen di tahun 2023, dan tahap dua sebesar 60 persen di tahun 2024," kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Indra Herawan di Suka Makmue, Senin.

Ia mengatakan, pemberian hibah tersebut mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, sebagaimana diubah dengan Permendagri Nomor 41 Tahun 2020.

Kesepakatan penandatanganan ini lanjut Indra, diawali dari pembahasan antara Tim Anggaran Pemerintah kabupaten (TAPK) yang diketuai oleh Sekda dan Ketua KIP Nagan Raya pada 2 November 2023 lalu.

Kemudian sebagai bentuk tindak lanjut Pemerintah Daerah sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 900.1.9.1/435/SJ tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas mengatakan dengan adanya naskah perjanjian hibah daerah atau NPHD yang telah disepakati tersebut, ia memastikan setiap pemangku kepentingan memiliki hak dan kewajiban yang sama terhadap dana hibah yang disepakati.

Dengan adanya alokasi anggaran yang telah dihibahkan tersebut, diharapkan ke depan tidak ada lagi keterlambatan dan hambatan dalam pelaksana setiap tahapan yang telah ditentukan.

“Semua harus bekerja keras untuk menyukseskan pilkada tepat waktu,” kata Fitriany menambahkan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, berkomitmen untuk mendukung proses demokrasi. Hal ini sejalan dengan amanat Pemerintah Pusat agar Pemerintah Daerah bersinergi untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Fitriany mengatakan situasi di Kabupaten Nagan Raya saat ini menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024 sangat kondusif. Pemkab Nagan Raya senantiasa melakukan pembinaan-pembinaan politik untuk menciptakan Pilkada yang berkualitas dan adil.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat alokasi Rp25 miliar sukseskan Pilkada 2024

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023