Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Simuelue menyatakan puluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kabupaten kepulauan tersebut ikut meramaikan bazar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Provinsi Aceh.

Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Simeulue Aidil di Simeulue, Rabu, mengatakan MTQ tingkat provinsi tersebut dilaksanakan di Kota Sinabang dan berlangsung hingga 2 Desember 2023, 

"Ada dua lokasi bazar UMKM yang digelar memeriahkan pelaksanaan MTQ tersebut. Lokasi pertama di Taman Kantor Bupati Simeulue diikuti 60 UMKM dan lokasi lainnya di jalan taman pendopo, berdekatan dengan panggung utama MTQ, diikuti 24 UMKM," kata Aidil. 

Menurut Aidil, keikutsertaan tersebut untuk menjual serta memamerkan produk-produk UMKM dari Kabupaten Simeulue, Di antaranya produk kuliner, aksesori, serta berbagai produk olahan lainnya.

Adil mengatakan pelaksanaan MTQ di Kabupaten Simeulue tersebut menggeliat pertumbuhan UMKM serta perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, juga banyak hadir pedagang-pedagang kecil di arena MTQ tersebut.

Desi, pelaku UMKM di Simeulue, mengatakan banyak pengunjung membeli produk-produk UMKM yang dijual di bazar MTQ tersebut, baik makanan olahan, maupun lainnya seperti suvenir.  

"Sejak pembukaan MTQ pada 26 November 2023, pengunjung yang membeli lumayan banyak. Kami merasa terbantu dengan kegiatan tersebut karena omzet penjualan kami turut meningkat," kata Desi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin mengatakan perhelatan MTQ Provinsi Aceh di daerah itu menjadi ajang promosi pariwisata kabupaten kepulauan tersebut.

"Penyelenggaraan MTQ ini kami jadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan sejumlah destinasi pariwisata di Simeulue," kata Asmanuddin.

Ia mengatakan MTQ tersebut diikuti sebanyak 1.761 peserta dari 23 Kabupaten kota di Aceh. MTQ digelar 26 November hingga 2 Desember 2023 merupakan kegiatan besar yang dipercayakan Simeulue menjadi tuan rumah. 

Asmanuddin menyebutkan Kabupaten Simeulue memiliki sejumlah objek wisata yang dapat dikunjungi para peserta maupun pengunjung MTQ dari 23 kabupaten kota di Provinsi Aceh.

Sejumlah destinasi pariwisata tersebut meliputi wisata pantai, gunung, air terjun, kuliner, danau, dan budaya. Termasuk kuliner dari hasil laut yang menjadi andalan di Kabupaten Simeulue.

"Selain mengunjungi MTQ, masyarakat yang berkunjung ke Simeulue dapat menikmati objek-objek wisata tersebut. Kami juga berharap bagi yang pernah mengunjungi pariwisata Simeulue juga menyampaikannya kepada kerabatnya di daerah asal," kata Asmanuddin

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023