Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Pihak Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh mengimbau masyarakat agar tidak resah dengan beredarnya isu aksi penculikan terhadap anak yang selama ini beredar luas.

Imbauan itu disampaikan persolil Polres Lhokseumawe dengan berkeliling kota dengan menggunakan alat pengeras suara menggunakan mobil public addres.

Hingga sekarang, pihak kepolisian belum ada menerima laporan adanya penculikan anak. Artinya belum ada bukti konkrit terhadap isu yang berkembang tersebut bahwa memang benar-benar adanya aksi penculikan sebagaimana diresahkan oleh masyarakat.

Kasubag Humas AKP Abdul Latif dalam imbauannya menyampaikan  pihaknya belum ada menerima laporan terkait penculikan anak tersebut.

Imbaun yang dilakukan secara bergerak tersebut disampaikan pada lokasi keramaian seperti pusat pertokoan dan pusat pasar, serta di sekitar area sekolah-sekolah, dengan tujuan masyarakat dapat mengetahui dan merasa nyaman terhadap isu yang belum jelas kebenarannya itu.  
    
Pada kesempatan itu juga masyarakat diimbau untuk tetap tenang, karena isu penculikan anak merupakan informasi hoax (palsu).

Meskipun demikian, masyarakat diminta agar tetap waspada terhadap segala tindakan kriminalitas.

Namun, apabila ada orang ataupun pihak-pihak yang mencurigakan, untuk segera melaporkannya kepada pihak kepolisian atau instansi terkait supaya dapat segera ditindaklanjuti.

Ia juga berharap agar masyarakat untuk tidak main hakim sendiri.

Sementara itu, akibat adanya isu penculikan para orang tua dan guru sekolah di Kabupaten Singkil semakin waspada dan pengawasan semakin diperketat.

Dayah-dayah tempat mengaji sudah mulai memperingatkan santrinya jangan pulang tanpa dijemput orang tua kandung atau saudaranya, sedangkan sekolah TK/Paud dan SD setiap orang tua menjemput anaknya lebih dini sebelum jam belajar selesai.

Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Miliardin memgatakan sajauh ini di wilayah hukumnya (Aceh Singkil dan Subulussalam) tidak ada laporan tentang terjadinya penculikan anak.

Sebelumnya sempat ada orang yang dicurigai di wilayah Polsek Penanggalan, Subulussalam. "Tetapi berdasarkan pengecekan ke lapangan tidak mengarah ke penculikan," ujarnya.

Walaupun demikian terhadap para orang tua, Ian Rizkian meminta agar lebih hati-hati.

Salah satunya mengajarkan anak-anaknya untuk menghindari orang tak dikenal, terutama orang asing.

Kemudian disarankan kepada anak-anak untuk tidak menerima pemberian apapun dari orang asing.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017