Polda Aceh melalui Direktorat Lalu Lintas meningkatkan upaya preventif guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, terutama saat libur akhir tahun, di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Senin, mengatakan upaya preventif tersebut dilakukan dengan memperbanyak teguran terhadap pelanggan lalu lintas.

"Kami lebih mengedepankan upaya preventif dengan memberikan teguran terhadap pelanggaran lalu lintas serta memperbanyak pelayanan pengamanan masyarakat saat libur akhir tahun nanti," katanya.

Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan Polda Aceh dan jajaran akan menggelar Operasi Lilin Seulawah dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Operasi Lilin Seulawah dilaksanakan selama 12 hari mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Operasi tersebut mengedepankan pencegahan dengan didukung deteksi dan penegakan hukum.

Khusus untuk penindakan atau tilang pada saat operasi lilin, perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan dilakukan lebih selektif. Tilang diprioritaskan terhadap pelanggaran yang berdampak pada fatalitas kecelakaan lalu lintas.

"Kami melakukan penindakan skala prioritas bagi pengendara yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Dan ini bagian dari komitmen kami menurunkan angka kecelakaan lalu lintas," katanya.

Selain pencegahan dan penindakan, kata dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait menyangkut kelayakan jalan. Kelayakan jalan tersebut juga bagian dari upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Dan paling penting adalah kepatuhan masyarakat menaati aturan berlalu lintas karena ini merupakan faktor utama menurunkan angka kecelakaan. Karena itu, kami mengimbau masyarakat mematuhi aturan lalu lintas," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Baca juga: Polisi tangkap sopir ambulans diduga tabrak pejalan kaki
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023