Aparat kepolisian yang tergabung dalam Satgas Preemtif Operasi Lilin Seulawah 2023 memaksimalkan pengamanan Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, saat libur akhir tahun.

Kepala Ssatgas Opsda Lilin Seulawah 2023 Kombes Pol M Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan mobilisasi dan jumlah penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue meningkat saat libur akhir tahun dan tahun baru.

"Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue meningkat dibandingkan hari biasa saat libur akhir tahun ini, sehingga butuh kehadiran polisi untuk mengamankan kegiatan masyarakat, terutama di pelabuhan dan terminal," katanya.

M Iqbal Alqudusy yang juga Direktur Lalu Lintas Polda Aceh itu merincikan jumlah penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan, Pulau Weh, Kota Sabang sejak 20 Desember lalu mencapai 15.868 orang serta 3.630 unit kendaraan bermotor.

Dari belasan ribu penumpang tersebut di antaranya sebanyak 6.215 orang menggunakan kapal cepat dan sebanyak 9.653 orang lainnya menggunakan kapal lambat.

"Artinya, ada peningkatan yang signifikan terhadap mobilisasi penumpang di pelabuhan saat libur akhir tahun, sehingga kepolisian memaksimalkan pengamanan," ujarnya.

Alumni Akabri 1996 itu mengatakan operator kapal, baik cepat maupun lambat menambah jumlah trip kapal penyeberangan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang 

"Kapal cepat bertambah dari tiga trip jadi empat trip per hari dan kapal Roro atau kapal lambat menjadi empat trip per hari, sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue," kata M Iqbal Alqudusy.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya dukung pengamanan libur bersama Natal dan Tahun Baru 2024
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023