Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menyerahkan 35 unit rumah layak huni bagi masyarakat fakir dan miskin yang tersebar di delapan kecamatan di kabupaten setempat, yang telah dibangun pada tahun 2023 lalu.

"Rumah bantuan layak huni ini dibangun dari zakat dan senif fakir miskin yang selama ini dihimpun oleh Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya,” kata Sekretaris Daerah
Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Ir H Ardimartha di Suka Makmue, Senin.

Sekda Ardimartha menyebutkan, pada tahun 2023 lalu total rumah bantuan yang telah dibangun oleh Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya berjumlah sebanyak 23 unit, dan telah disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya dukung pengamanan libur bersama Natal dan Tahun Baru 2024

Sedangkan rumah bantuan layak huni yang dibangun oleh Baitul Mal Provinsi Aceh di Kabuupaten Nagan Raya, berjumlah sebanyak 34 unit.

Ardimartha mengatakan, hingga akhir tahun lalu hanya satu unit rumah bantuan bagi masyarakat fakir miskin di Kabupaten Nagan Raya, yang belum bisa dibangun karena terkendala faktor cuaca buruk dan bencana alam.
 
Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mengatakan pembangunan rumah bantuan layak huni bagi masyarakat fakir miskin tersebut, merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat.

Sehingga diharapkan dengan adanya bantuan rumah layak huni tersebut, masyarakat memiliki hunian yang lebih sehat, aman dan nyaman.

Ia juga meminta kepada Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Aceh, agar terus memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Kemudian dalam penerimaan, pengelolaan dan penyaluran bantuan diharapkan semakin memberikan keterbukaan kepada masyarakat, dengan pengelolaan yang lebih profesional, amanah dan penuh tanggung jawab.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, Firdaus mengatakan sejak akhir September 2023, pihaknya telah membangun 35 unit rumah layak huni kepada fakir dan miskin yang tersebar di delapan kecamatan dari 10 Kecamatan dalam wilayah setempat.

Ada pun lokasi pembangunan rumah tersebut diantaranya di Kecamatan Beutong berjumlah tiga unit, Kecamatan Seunagan Timur satu unit, Kecamatan Seunagan lima unit, Kecamatan Suka Makmue enam unit, Kecamatan Kuala enam unit, Kecamatan Tadu Raya lima unit, Kecamatan Tripa Makmur empat unit, serta di Kecamatan Darul Makmur sebanyak
lima unit.

Baca juga: Peringatian 19 tahun tsunami Aceh, Pemkab Nagan Raya ajak warga jaga moral generasi muda

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024