Menteri Luar Negeri Amerika Serika (AS) Antony Blinken mengatakan kepada para pejabat Israel dalam kunjungannya ke Israel bahwa tujuan Tel Aviv untuk sepenuhnya melenyapkan Hamas tidak mungkin tercapai, lapor media Israel pada Rabu (10/1). Namun, kebijakan luar negeri AS tetap dukung genosida di Palestina.

Dalam pertemuan dengan Kabinet Keamanan Israel, Blinken menyampaikan permintaan AS untuk menerapkan solusi dua negara sebagai tujuan pascaperang Gaza, kata Channel 13 Israel.

Seperti halnya Israel yang mempunyai aspirasi, Palestina juga mempunyai aspirasi, dan Israel harus menerimanya, kata Blinken kepada para menteri kabinet, menurut laporan tersebut.

Baca juga: AS tolak wacana Israel usir warga Palestina dari Gaza

Para pejabat senior Israel mengatakan kepada media tersebut bahwa pesan Blinken adalah “jika solusi dua negara tidak dipertimbangkan sebagai sebuah tujuan, Israel tidak akan maju secara politik, bahkan dalam upaya normalisasi dengan Arab Saudi.”

Sejak dimulainya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023, Israel telah berulang kali mengatakan bahwa mereka bertekad untuk memusnahkan Hamas.

Serangan Israel di Jalur Gaza telah menewaskan lebih dari 23.000 warga Palestina, kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, dan melukai sekitar 60.000 orang lainnya.

Baca juga: Bantuan yang masuk Gaza hanya penuhi 10 persen kebutuhan, warga Palestina hidup dalam kelaparan ekstrem
Baca juga: Israel serukan 'migrasi sukarela' warga Gaza




Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Blinken: Israel tak mungkin bisa lenyapkan Hamas sepenuhnya

Pewarta: Shofi Ayudiana

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024