Gampong/desa Maheng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, mendapat bantuan sumur bor dalam upaya membantu memenuhi kebutuhan air bersih di daerah tersebut.

“Kita berharap bantuan sumur bor ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Air bersih merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, apalagi dalam situasi perubahan cuaca,” kata Penjabat (Pj) Aceh Besar Muhammad Iswanto di Aceh Besar, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela peluncuran dan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, serta menandatangani prasasti sumur bor, menara air dan pipanisasi di Gampong Maheng bantuan BRI.

Ia menjelaskan kebutuhan air ini tidak hanya untuk konsumsi sehari-hari, tetapi juga berdampak pada ketahanan pangan. Di mana kekurangan air juga akan ikut mempengaruhi terhadap produksi hasil pertanian.

Ia mengatakan dengan hadirnya sumur bor tersebut juga dapat mendukung perekonomian di Gampong Maheng, dengan menjadikan aktivitas pertanian yang lebih produktif.

“Kami juga berpesan agar penggunaan air bersih lebih bijaksana dan jangan sampai terbuang sia-sia. Mari rawat fasilitas air bersih yang sudah ada agar bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan,” katanya.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Kantor Fungsional BRI Banda Aceh yang telah memberi kontribusi sehingga masyarakat Aceh Besar khususnya Gampong Maheng mendapatkan manfaat dari sumur bor ini," katanya.

Pimpinan Kantor Fungsional BRI Banda Aceh Nyak Yusrizal mengatakan program pembangunan sumur bor bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan air bersih seperti di Gampong Maheng.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024