Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)/Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat, Aceh mulai merekrut petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) untuk Pemilu 2024.

“Petugas yang kita rekrut ini untuk mengawasi seluruh tahapan dan rangkaian pada hari pemungutan suara nantinya,” kata Ketua Bawaslu/Panwaslih Kabupaten Aceh Barat, Aidil Azhar, di Meulaboh, Senin.

Menurut dia, para petugas yang sedang direktur ini nantinya juga akan mengawasi proses pemungutan dan perhitungan suara, termasuk mengawasi proses rekapitulasi suara di masing-masing TPS di Kabupaten Aceh Barat.

Baca juga: Polres: Enam TPS Aceh Jaya masuk kategori rawan karena tak miliki akses Internet

Aidil Azhar mengatakan proses perekrutan calon PTPS di Aceh Barat saat ini telah sampai pada tahapan wawancara yang dilaksanakan pada11-17 Januari 2024.

Pendaftar PTPS di Kabupaten Aceh Barat tercatat mencapai 842 orang yang terdiri atas 450 orang laki-laki dan 392 orang perempuan.

Aidil Azhar juga menjelaskan, masing-masing kecamatan di Kabupaten Aceh Barat juga sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi beberapa waktu lalu.

“Saat ini sudah memasuki tahapan wawancara,” katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, tahapan wawancara berlangsung sampai 17 Januari 2024 dan hasilnya diumumkan pada 27 Januari 2024.

Aidil Azhar mengatakan penerimaan PTPS disesuaikan dengan jumlah TPS di Aceh Barat yakni 639 TPS.

“Dengan demikian PTPS yang direkrut sebanyak 639 orang,” katanya.

Baca juga: KIP Aceh ajak masyarakat jangan "golput" di Pemilu 2024

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024