Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar mengimbau kepada seluruh para petani di darah tersebut untuk memaksimalkan mesin pompanisasi dengan memanfaatkan sumber air yang ada di sekitar untuk mencegah dampak el nino terhadap tanaman padi.

"Salah satu cara efektif untuk antisipasi kekeringan adalah dengan mengefektifkan mesin pompanisasi yang ada dan memanfaatkan sumber air yang tersedia dan melakukan pengairan berselang bagi daerah irigasi," kata Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar di Lambaro, Rabu.

Ia menjelaskan sumber air saat ini berkurang akibat curah hujan yang rendah dan el nino diperkirakan masih berlangsung sampai bulan Maret 2024, sehingga pihaknya bersama petani melakukan langkah-langkah antisipasi gagal panen akibat kekeringan.

Menurut dia untuk memenuhi kebutuhan air untuk areal pertanian khususnya padi juga dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumur pompa, sumur suntik, biopori dan embung.

Baca: Distan: Seluas 1.311 hektare tanaman padi di Aceh Besar kekeringan

"Kita juga terus meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait terhadap sistem pengairan, perbaikan drainase, optimalisasi infrastruktur, penyiapan pompa, panen air, penerapan teknologi hemat air," katanya.

Dalam antisipasi dampak kekeringan pihaknya juga sudah mengingatkan petani untuk menggunakan benih tahan kekeringan seperti varietas Inpago 5, Inpago 8, Inpago 9, Inpago 10, Inpari 10 Laeya, Rindang 1 Agritan, Rindang 2 Agritan dan varietas lokal sejenisnya serta varietas tahan OPT endemis.

"Ia juga mengimbau masyarakat untuk melakukan percepatan tanam dan memaksimalkan capaian target luas tanam dan memastikan kesiapan saprodi, alsintan, sarana, pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)/penanganan Dampak Perubahan Iklim (DPI), dan penanganan panen serta pasar," katanya.

Jakfar juga meminta Koordinator BPP bersama seluruh penyuluh untuk melakukan percepatan tanam dan panen dengan melakukan pengawasan ke petani/kelompok tani secara intensif.
 
Adapun luas lahan baku sawah di Kabupaten Aceh Besar seluas 25.692 terdiri dari sawah tadah hujan 8.770 hektare dan irigasi 16.904 hektare.

Baca: Unaya siap lahirkan petani milenial di Aceh
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024