Pemerintah Kabupaten Aceh Besar (Pemkab) menambah dua Posko Pemadam Kebakaran di wilayah itu guna memaksimalkan penanganan bencana yang terjadi di daerah setempat.
 
"Pembangunan dua Pos Damkar ini untuk memaksimalkan penanganan musibah kebakaran di Aceh Besar, karena jangkauan wilayah yang sangat luas," kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Kuta Baro, Senin.
 
Di sela-sela meresmikan dua Posko Pemadam Kebakaran tersebut di Aceh Besar, ia menjelaskan kehadiran pos tersebut juga merupakan harapan dari masyarakat setempat karena jarak pos yang sudah ada terlalu jauh.
 
"Jarak tempuh juga mengakibatkan keterlambatan Damkar dalam memenuhi layanan masyarakat saat terjadi kebakaran," katanya.
 
Adapun dua Pos Damkar tersebut berada di Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) 09 Lamteuba dan WMK 010 Kuta Baro.
 
Ia mengajak partisipasi secara terus menerus dari semua pihak untuk mendukung peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana kebakaran.
 
"Kami berharap dengan bertambahnya dua WMK ini dapat meningkatkan semangat kerja dan kesungguhan personel BPBD Aceh Besar," katanya.
 
Iswanto juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dan anggota DPRA dapil 1 yang telah berkontribusi dalam pembangunan dua Pos Damkar WMK ini.

 
Ia menambahkan untuk mendukung kerja BPBD Aceh Besar, butuh dukungan positif dari berbagai pihak terkait, termasuk legislatif dan masyarakat dari seluruh kecamatan. 
 
"Semoga dengan hadirnya dua Pos Damkar ini dapat membantu masyarakat terutama di Lamteuba dan Kuta Baro beserta sekitarnya dalam mempercepat menangani musibah kebakaran," katanya.

Kabupaten Aceh Besar memiliki sebanyak 23 kecamatan dengan jumlah 604 gampong/desa.

Baca juga: KIP bekali PPK dan PPS di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024