Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menyatakan siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan perusahaan milik pemerintah dan swasta dalam meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu.
 
“Kita siap berkolaborasi, baik untuk peningkatan sumber daya manusia petani dan peningkatan produksi hasil pertanian,” kata Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Aceh Besar Rita Aulia di Lambaro, Jumat.
 
Ia menjelaskan Kabupaten Aceh Besar memiliki potensi besar untuk pengembangan sektor pertanian yang memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
 
Menurut dia dengan adanya kolaborasi tersebut sektor pertanian dapat terus berkembang termasuk dengan pihak perbankan dalam pemberian pembiayaan untuk keberlanjutan kegiatan pertanian.

Baca: Distan Aceh Besar dorong petani manfaatkan mesin untuk keringkan jagung

“Kita bersama dengan Bank Aceh Syariah Cabang Jantho juga baru memberikan pelatihan untuk pengendalian hama penyakit tanaman bagi para petani di Aceh Besar,” katanya.
 
Ia mengatakan pelatihan pengendalian hama penyakit tanaman cabai juga bagian untuk antisipasi meningkatkan produksi dan meminimalisir petani gagal panen akibat serangan hama pada tanaman.
 
“Artinya, pembinaan yang dilakukan oleh Dinas dan juga perbankan dapat meningkatkan kegiatan usaha pertanian. Di mana mereka dapat terus mengembangkan usahanya lewat dukungan modal kerja,” katanya.
 
Ia juga perbankan di Aceh dapat berperan aktif untuk memberikan akses pembiayaan untuk sektor pertanian sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud di masa mendatang.
 
Kabupaten Aceh Besar memiliki luas lahan baku sawah di Kabupaten Aceh Besar seluas 25.692 terdiri dari sawah tadah hujan 8.770 hektare dan irigasi 16.904 hektare.

Baca: Alokasi pupuk subsidi pertanian untuk Aceh Besar tahun ini capai 8,5 ribu ton
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024