Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Idi, Kabupaten Aceh Timur, mengalami kekurangan surat suara sebanyak 38 lembar pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Idi Irhamuddin di Aceh Timur, Rabu, mengatakan akibat kekurangan surat suara, sehingga ada warga binaan yang terdaftar sebagai pemilih tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

"Kekurangan surat suara itu diketahui saat petugas membuka kotak suara dan menghitung surat suara di dalamnya. Alhasil, ada kekurangan 38 surat suara," kata Irhamuddin.

Dia mengatakan pihaknya telah melaporkan ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur. Akan tetapi, pihak KIP tidak bisa memenuhi surat suara yang kekurangan tersebut.

"Jadi, petugas masih menunggu koordinasi dari KIP terkait kekurangan surat suara tersebut," kata Irhamuddin.

Dia menyebutkan jumlah warga binaan Lapas Idi sebanyak 396 orang. Dan yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) dan pemilih pindah sebanyak 364 orang.

Meskipun kekurangan surat suara, para warga binaan tampak begitu antusias memberikan hak pilihnya dalam memilih calon anggota legislatif dan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di dua TPS di lapas tersebut.

"Sebelum memilih, warga binaan dipanggil satu per satu dari kamar tahanan ke TPS di lapas tersebut. Begitu selesai mencoblos, para warga binaan dipersilakan kembali ke kamar tahanan masing-masing," kata Irhamuddin.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024