Puluhan Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satgas Linmas) yang bertugas di sejumlah kecamatan di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, hingga Selasa dilaporkan mogok kerja untuk tidak bertugas mengamankan jalannya rapat rekapitulasi suara (pleno) di tingkat kecamatan di masing-masing wilayah tugas.

Plt Idris Camat Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Idris yang dikonfirmasi ANTARA, Selasa membenarkan di wilayah tugasnya terdapat tujuh dari sepuluh orang Satgas Linmas yang tidak mau melaksanakan tugas mulai hari ini.

“Mereka (Satgas Linmas) tidak mau masuk kerja karena belum jelas kompensasi tambahan uang untuk melaksanakan tugasnya di kecamatan terkait pengamanan pleno di tingkat PPK,” kata Idris.

Baca juga: Satgas Linmas di Nagan Raya 'ngamuk' dan rusak meja kantor camat, diduga terkait uang honor

Ia mengakui, sepanjang Selasa, hanya tiga orang Satgas Linmas yang melaksanakan tugas seperti biasa untuk mengamankan jalannya rekapitulasi suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan, yang sampai saat ini masih terus berlangsung.

Idris mengakui terhadap persoalan honorarium yang dituntut sejumlah Satgas Linmas, sejauh ini sudah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, guna mendapatkan solusi.

Sementara itu, Camat Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Salviar Evi yang dikonfirmasi terpisah juga membenarkan beberapa personel Satgas Linmas di wilayahnya, yang tidak lagi melaksanakan tugas terkait persoalan minim nya honorarium yang diterima.

“Dari sepuluh orang Satgas Linmas di tingkat kecamatan, sebanyak dua orang satgas menyatakan tidak lagi bersedia melaksanakan tugas,” kata Salviar Evi.

Sedangkan tujuh orang satgas lainnya, sejauh ini masih bersedia melaksanakan tugas, dengan catatan adanya pembagian tugas secara bergantian (shift).

Sedangkan Camat Kuala Pesisir, Nagan Raya, Edi Kamal yang dikonfirmasi pada Selasa sore mengakui pihaknya telah menerapkan sistem kerja shift terhadap Satgas Linmas yang bertugas mengamankan jalannya pleno di tingkat kecamatan.

Ia mengakui di kecamatan yang ia pimpin tidak ada Satgas Linmas yang mogok kerja terkait minim nya pembayaran honorarium dari pemerintah daerah sebesar Rp800 ribu per orang.

Namun saat ditanyai mengapa tidak terlihat Satgas Linmas yang bertugas di kantor camat, Edi Kamal mengakui Satgas Linmas yang ada tidak mengenakan pakaian seragam, dan memakai seragam sipil.

Sementara itu, informasi yang diterima ANTARA sepanjang Selasa (20/2), aksi tidak mau masuk kerja atau mogok kerja Satgas Linmas di Kabupaten Nagan Raya diduga terjadi di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Sejumlah camat yang berupaya di konfirmasi terkait persoalan tersebut, hingga berita ini ditulis belum bersedia memberikan keterangan pers.

Baca juga: 1.222 Satgas Linmas di Nagan Raya terima seragam untuk Pemilu

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024