Proses rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus berjalan hingga Kamis (22/2), dan enam dari sembilan kecamatan di daerah itu telah menyelesaikan perekapan suara serta menyerahkan kotak suara ke Komisi Independen Pemilihan (KIP). 

Anggota Komisoner KIP Abdya Tgk Sayuti di Blangpidie, Jumat, mengatakan, enam kecamatan yang sudah selesai adalah Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Jeumpa, dan Babarot. 

Sementara, lanjut dia, satu kecamatan lainnya, yakni Kuala Batee, juga telah selesai rekapitulasi di tingkat kecamatan, namun belum mengembalikan kotak suara ke KIP Abdya karena harus menggandakan dan menandatangani rekapan bersama saksi-saksi partai politik.

“Kami berharap semua kecamatan bisa selesai sesuai jadwal yang ditetapkan. Kami juga mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pemilu ini,” katanya.

Sementara dua kecamatan lainnya, lanjut dia, masih dalam proses rekapan yaitu Kecamatan Blangpidie dan Kecamatan Susoh. 

Sayuti mengatakan, KIP Abdya terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di dua kecamatan tersebut.

Adapun pemilu 2024 di Abdya diikuti seratusan ribu pemilih yang tersebar di sembilan kecamatan. Mereka memberikan suara mereka untuk memilih calon presiden, calon wakil presiden, anggota DPD RI, anggota DPR RI, anggota DPRA, dan anggota DPRK.

Baca juga: PPP Aceh Pertahankan Satu Kursi DPRA Dapil 09, Raih Enam Kursi di Seluruh Aceh

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024