Meskipun hasil pemilihan umum 2024 belum diumumkan secara resmi oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) namun antusiasme masyarakat daerah itu untuk mendukung bakal calon bupati sudah terlihat. 
 
Berdasarkan pantauan wartawan di Blangpidie, Jumat, warga Abdya mulai mengobrol tentang sosok-sosok yang akan bertarung dalam Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.
 
Menurut tokoh masyarakat Abdya, Syamsidik Ibrahim, ada empat nama yang santer disebut-sebut oleh masyarakat sebagai bakal calon bupati Abdya, yaitu Jupri Hasanuddin, Said Samsul Bahri, Romy Saputra, dan Safaruddin. Mereka semua adalah putra-putra terbaik Abdya dan memiliki latar belakang dan visi yang berbeda-beda untuk memajukan daerah.

Baca juga: Enam kecamatan di Abdya selesaikan rekapitulasi suara
 
Jupri Hasanuddin merupakan mantan bupati Abdya definitif periode 2012-2017 dari Partai Aceh yang kini dipercayakan sebagai anggota majelis Wali Nanggroe Aceh. Ia dikenal sebagai sosok yang berpengalaman dan dekat dengan ulama. Ia juga memiliki hubungan baik dengan pemerintah pusat dan provinsi.
 
Said Samsul Bahri merupakan sosok pengusaha sekaligus tokoh masyarakat dan juga pernah menduduki jabatan ketua DPRK Abdya dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ia dikenal sebagai sosok yang kaya dan dermawan. Ia juga memiliki banyak program untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat.
 
Romy Saputra merupakan mantan pimpinan DPRK dan juga ketua partai demokrat Abdya. Dalam pemilu belum lama ini dikabarkan sosok politisi itu juga terpilih menjadi anggota DPRA periode 2024-2029. Ia dikenal sebagai sosok yang cerdas dan visioner. Ia juga memiliki banyak ide untuk mengembangkan potensi daerah dan sumber daya manusia.
 
Safaruddin merupakan pimpinan DPRA periode 2019-2024. Dalam pemilu baru-baru ini, politisi partai Gerindra itu kembali meraih kursi parlemen dengan perolehan suara terbanyak dari dapil-9 provinsi Aceh. Ia dikenal sebagai sosok yang tegas dan berwibawa. Ia juga memiliki banyak prestasi dalam bidang legislatif dan pengawasan.
 
Adapun gaungan dukungan terhadap bakal calon bupati Abdya tidak saja terdengar di warung-warung kopi di kota Blangpidie (ibukota kabupaten Abdya) saja, tetapi juga di desa-desa. 
 
Masyarakat di pedesaan di daerah itu berharap pilkada nanti akan berlangsung secara demokratis, jujur, dan adil sehingga melahirkan pemimpin yang mampu membawa Abdya ke arah lebih baik lagi.
 
Pilkada Abdya 2024 diprediksi akan berlangsung sengit dan menarik mengingat ada empat nama bakal calon bupati yang memiliki basis dukungan yang kuat dari masyarakat. Siapakah yang akan menjadi pemenang dan pemimpin Abdya selanjutnya? Kita tunggu hasilnya.

Baca juga: PPP Aceh Pertahankan Satu Kursi DPRA Dapil 09, Raih Enam Kursi di Seluruh Aceh
Baca juga: Sekda Abdya terima sertifikat akreditasi paripurna RSUD Tengku Peukan

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024