Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Legislator yang juga Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Sabri Badruddin mengatakan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK tingkat SMP masih terkendala.

"Ada sejumlah kendala yang kami temui saat memantau pelaksanaan UNBK di sejumlah SMP di Kota Banda Aceh," kata Sabri Badruddin di Banda Aceh, Jumat.

Sebelumnya, kata Sabri, Komisi D DPRK Banda Aceh memantau pelaksanaan UNBK di sejumlah SMP sederajat. Dari pantauan tersebut, ada sekolah yang tidak memiliki fasilitas menyelenggarakan UNBK.

Seperti di SMP Negeri 7 Banda Aceh, kata dia, peserta UNBK terpaksa menumpang ujian di sekolah lain karena tidak memiliki komputer. Seharusnya, pengadaan komputer sudah dilakukan sejak beberapa bulan sebelum ujian dilaksanakan.

Kemudian, lanjut dia, kendala lainnya masalah koneksi internet. Kecepatan koneksi internet antara satu sekolah dengan sekolah lain yang melaksanakan UNBK tidak sama.

"Ke depan, kami berharap koneksi dan kecepatan internet di sekolah melaksanakan UNBK, sama semuanya. Apalagi infrastruktur internet di Kota Banda Aceh sudah memadai," kata Sabri Badruddin.

Menyangkut dengan listrik, sebut Sabri, tidak lagi menjadi kendala. Sebab, di setiap sekolah yang melaksanakan UNBK sudah menyiapkan generator set atau genset.

"Pihak sekolah juga sudah berkoordinasi dengan PLN jauh hari sebelum pelaksanaan UNBK. Dan juga setiap sekolah juga sudah menyiapkan genset, untuk berjaga-jaga bila listrik PLN padam," kata Sabri Badruddin.

Politisi Partai Golkar itu berharap Pemerintah Kota Banda Aceh memberi perhatian serius terhadap kendala pelaksanaan UNBK, sehingga kendala yang terjadi tahun ini tidak terulang kembali di masa mendatang.

"Kami berharap Pemerintah Kota Banda Aceh membantu sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang belum memiliki fasilitas UNBK, sehingga tidak ada lagi peserta ujian menumpang ke sekolah lain," kata Sabri Badruddin.

UNBK SMP dan sederajat tahun ajaran 2016/2017 di Kota Banda Aceh diikuti 4.779 orang. Dengan jumlah sekolah 31 SMP, terdiri 19 sekolah negeri dan 12 sekolah swasta. 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017