Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menyatakan sektor pertanian menjadi salah satu bidang prioritas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah setempat dengan meningkatkan infrastruktur pendukung.

“Sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Aceh Besar sehingga sektor ini tetap menjadi prioritas mengingat kabupaten ini juga memiliki lahan yang cukup luas dan potensial,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Besar Rahmawati di Aceh Besar, Jumat.

Ia menjelaskan untuk mendukung sektor pertanian salah satu program yang digulirkan pada tahun 2024 adalah perbaikan sarana irigasi di sentra-sentra pertanian di Aceh Besar, peningkatan jalan tani, pembagian pupuk, pembagian bibit, cetak sawah baru dan meningkatkan sumber daya manusia agar mampu meningkatkan produksi.

Baca: Kelompok tani luncurkan gerakan tanam 6.000 batang cabai merah

“Artinya, apabila air tersedia dengan cukup maka petani dapat melakukan penanam dua sampai tiga kali dan ini akan ikut berdampak terhadap tingkat kesejahteraan petani serta mendukung program ketahanan pangan,” katanya.

Selain memberikan perhatian pada sektor pertanian, pada tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga meningkatkan sektor UMKM yakni dengan memfasilitasi peningkatan hasil produk sehingga bisa di pasarkan secara daring dan bersaing dengan produk lainnya.

Baca: Perdagangan hewan ternak di Aceh Besar meningkatkan jelang Ramadhan


"Artinya, kita juga akan meningkatkan kapasitas pelaku UMKM baik untuk sisi peningkatan kualitas produk, hasil, pemasaran termasuk juga untuk pembakuan sehingga usaha yang dijalankan berjalan maksimal serta mampu membuka lapangan kerja baru,” katanya.

Selain itu pihaknya juga akan meningkatkan pelatihan kepada generasi muda di kabupaten itu dalam berbagai bidang dalam upaya membuka lapangan kerja baru serta dapat memanfaatkan peluang kerja yang ada.

“Pemerintah Aceh Besar terus melakukan berbagai upaya dan terobosan yang telah ditetapkan dalam rencana kerja pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD),” katanya.

Baca: Distan Aceh Besar data lahan pertanian gagal panen

Ia menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2023 sebesar 4,20 persen atau naik dari tahun sebelumnya 3,87 persen.

“Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita naik dan telah melampai dari target yang telah ditetapkan dalam RPJMD dan untuk tahun 2024 kita targetkan tumbuh di 4,50 persen,” katanya.

Baca: Pemkab ajak masyarakat Aceh Besar manfaatkan lahan kosong
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024