Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengambil langkah cepat untuk membersihkan jalan menuju kebun masyarakat di Kuta Tinggi yang tertimbun tanah longsor. 

Adi, warga Kuta Tinggi di Blangpidie, Selasa, mengatakan petani setempat menghadapi tantangan serius karena akses jalan menuju kebun mereka di kawasan pegunungan terhalang oleh tanah longsor.

“Situasi ini sebelumnya memprihatinkan dan menghambat aktivitas kami para petani yang sehari-hari bergantung pada hasil panen,” ujarnya.

Namun, berkat pembersihan yang dilakukan oleh Dinas PUPR Abdya akses jalan menuju kebun kini menjadi lebih lancar.

Adapun lokasi longsor terjadi sekitar 200 meter sebelum tiba di penampungan air PDAM Tirta Abdya. Namun, sedikit lambat ditangani sehingga sempat menghambat aktivitas hilir mudik petani. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Abdya Alfian Liswandar mengatakan ketika mendapati informasi dari masyarakat, dirinya langsung memerintahkan tim teknis untuk mengambil tindakan pembersihan sisa-sisa tanah di atas badan jalan itu agar petani menjadi mudah ke kebun. 

"Tim teknis PUPR bersama alat berat sudah kami turunkan ke lokasi. Mudah-mudahan hari ini tuntas dikerjakan agar aktivitas hilir mudik petani ke kebun menjadi lancar seperti biasanya," katanya.

Baca juga: Santri di Abdya ini Minta Orangtua Kembalikan Uang dari Caleg Pemilu 2024

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024