Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kepala Dinas Peternakan Aceh Zulyazaini Yahya menyatakan penyelenggaraan expo dan kontes peternakan tahun 2017 dalam rangkaian Pekan nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV merupakan bagian memotivasi masyarakat untuk beternak.

"Salah satu tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah memotivasi kelompok tani ternak, peternak, pelaku usaha dan petugas teknis peternakan untuk mengelola dan mengembangkan usaha peternakan lebih baik," katanya di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela Kontes dan Expo peternakan dalam rangka rangkaian Penas KTNA ke XV yang berlangsung di Provinsi Aceh, 6-11 Mei 2017.

Ia menyebutkan ada beberapa perlombaan dalam expo ternak tersebut masing-masing lomba sapi Aceh, kerbau, kuda dan sapi hasil inseminasi buatan (Bali, Brahman, simental dan Limousin).

Kemudian pacuan kuda yang berlangsung di Pantai Lampuuk, Lhoknga, pameran produk peternakan, lomba burung berkicau dan lomba hewan kesayangan.

Ia merincikan jumlah ternak yang ikut lomba masing-masing, sapi berjumlah 56 ekor, kerbau 15 ekor dan kuda 22 ekor.  Peserta kontes ternak tersebut berasal dari 16 kabupaten/kota.

Ia menambahkan penyelenggaran expo tersebut juga bertujuan memberikan informasi dan program keberhasilan pembangunan di bidang peternakan, memperkenalkan sumber daya genetic ternak lokal, sapi Aceh, kerbau Simeulu, kerbau Gayo dan kuda gayo guna dikembangkan lebih lanjut.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017