Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjalankan program membaca Al Quran satu hari satu juz atau one day one juz, dalam upaya menggalakkan budaya baca Al Quran di tengah masyarakat serta meningkatkan ketaqwaan diri selama Ramadhan.

Kepala Kantor Kemenag Abdya Salman Al Farisi di Blangpidie, Rabu, mengatakan program one day one juz tersebut merupakan rutinitas warga di Kantor Kemenag Abdya selama bulan puasa. Program ini dengan target khatam Al Quran 30 juz hingga akhir Ramadhan.

“Untuk memenuhi target khatam Al Quran maka dilakukan tadarus one day one juz bersama selama hari kerja pada bulan Ramadhan,” ujarnya.

Baca juga: Kemenag: Pemantauan hilal 1 Ramadan tak terlihat di Sabang

Ia menjelaskan, bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Program one day one juz tersebut bertempat di Mushalla Infakunnah Kantor Kemenag Abdya.

“Kegiatan religi yang bersifat rutinitas di Kantor Kemenag Abdya selama bulan Ramadhan ini. Ini dilakukan sebelum melakukan aktivitas kerja, maka pejabat dan pegawai Kemenag Abdya mengikuti tadarus one day one juz,” ujarnya.

Ia menilai Ramadhan juga dikenal dengan bulan ampunan bagi umat Islam. Ramadhan juga memiliki banyak keistimewaan, di antaranya ialah dilipat gandakan pahala dari setiap amal ibadah yang dikerjakan, salah satunya seperti membaca Al Quran.
 
Oleh karena itu, kata Salman, setiap manusia pasti ingin berlomba-lomba untuk melakukan ibadah dan amal kebaikan selama bulan suci Ramadhan untuk meraih Ridha Allah SWT. 

“Kita ingin seluruh pegawai Kemenag Abdya dapat mengikuti kegiatan tadarus ini setiap hari agar bersama-sama memperoleh pahala kebaikan,” ujar Salman.
 
Selain tadarus one day one juz, Kemenag Abdya juga melakukan kegiatan lainnya untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, di antaranya kultum Ramadhan usai shalat dzuhur, safari Ramadhan, berbagi takjil, dan beberapa lain agenda lainnya.

Baca juga: Kemenag Aceh Besar gelar pawai tarhib sambut Ramadhan 1445 Hijriah

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024