Jamaah shalat jumat perdana di bulan puasa Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi di Masjid Agung Darussalihin Idi, Kabupaten Aceh Timur, membeludak. 

"Tidak hanya di lantai dasar, lantai satu juga dipadati jamaah pria yang melaksanakan ibadah shalat jumat,” kata Zulkifli, jamaah shalat jumat Masjid Agung Darussalihin Idi, di Aceh Timur, Jumat.

Dalam shalat jumat tersebut, bertindak sebagai khatib, Tgk H Hasbi yang juga Imam Besar Masjid Agung Darussalihin Idi. Sedangkan imam oleh Tgk Azhar Jalil (Tanoh Anoe). 

Dalam khutbahnya, Tgk H Hasbi mengingatkan jamaah terus meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. 

Bukan hanya hubungan manusia dengan Allah yang perlu dijaga, tetapi hubungan sesama manusia juga perlu dijaga dan dipelihara, sehingga seorang hamba mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat.

"Selama Ramadan, umat Islam diharapkan menjaga lisan dari ucapan yang tidak bermanfaat, karena ucapan yang melukai hati orang lain dapat dapat mencelakai diri kita sendiri," katanya.

Oleh karenanya, Tgk H Hasbi berharap jamaah yang hadir memperbanyak ibadah dalam bulan Ramadan, seperti membaca Al Quran, shalat tarawih berjamaah, serta berbagai kebaikan siang dan malam.

"Mudah-mudahan amal ibadah kita dalam Ramadan ini diterima Allah SWT, amin," kata Tgk H Hasbi.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024