Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan ketersediaan bahan pokok dan pangan di daerah tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakkukan untuk menjaga inflasi di daerah tersebut tetap terkendali.

“Salah satu kebijakan yang telah kita ambil untuk menjaga inflasi adalah memastikan seluruh kebutuhan pokok dan juga pangan tersedia dengan cukup di pasaran,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Besar Rahmawati di Lambaro, Senin.

Menurut dia untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok dan pangan seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula pasir, telur ayam ras, minyak goreng dan kebutuhan lainnya diupayakan pasokan dan persediaan tersedia di pasar dengan cukup.

“Kita akan terus membangun koordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam memastikan seluruh komoditas dan juga pangan dari daerah penghasil lancar,” katanya.

Kemudian untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok dan menjaga inflasi, Pemkab Aceh Besar juga terus memaksimalkan pelaksanaan pasar murah di kecamatan-kecamatan dalam kabupaten itu.

Pihaknya optimistis dengan ketersediaan bahan kebutuhan yang cukup di pasaran akan menjadi bagian untuk menjaga agar harga kebutuhan tetap stabil  dan tidak terjadi kenaikan secara drastis.

Selain itu, Pemkab Aceh Besar juga terus memaksimalkan kerja sama antar daerah penghasil pasokan pangan berjalan lancar dalam upaya menjaga inflasi tetap stabil.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menjalin kerja sama antardaerah (KAD) dalam upaya pengendalian Inflasi daerah.

"Kerja sama antardaerah merupakan salah satu strategi dalam upaya pengendalian inflasi daerah dan saling memberikan dukungan potensial yang dimiliki salah satu daerah bagi daerah lain yang sifatnya saling menguntungkan," kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto.

Ia menjelaskan Kuala Simpang sebagai daerah Aceh yang sangat dekat dengan Sumatera Utara, sehingga punya peluang kerja sama dalam hal distribusi barang ke Aceh Besar khususnya pasar Induk Lambaro berjalan lancar.

"Pasar Induk Lambaro saat ini telah mampu menopang kebutuhan pangan untuk tiga daerah sekitar yaitu Kota Banda Aceh, Sabang maupun Aceh Jaya," katanya.

Baca juga: 100 jamaah ikut ibadah suluk Ramadhan 1445 Hijriah di Aceh Besar

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024