Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten Aceh Besar mencatat sebanyak 407 jamaah calon haji (JCH) dari wilayah setempat sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH).

"Total jamaah haji Aceh Besar yang sudah melunasi BIPIH sampai tahap kedua mencapai 407 jamaah hingga 19 Maret 2024 dari dua tahap pelunasan," kata Kepala Kemenag Aceh Besar, Saifuddin, di Aceh Besar, Rabu.

Saifuddin menyampaikan, tahun ini Aceh Besar mendapatkan kuota haji sebanyak 473 jamaah. Artinya, sampai dengan hari ini yang belum melunasi BIPIH tahap pertama sebanyak 86 jamaah dan mereka dinyatakan gugur.

Selanjutnya, kata dia, karena banyak yang belum melunasi, maka diberikan kuota tambahan untuk Aceh Besar pada tahapan kedua sebanyak 44 jamaah

Pelunasan BIPIH tahap dua ini dibuka mulai 13-26 Maret 2024, dan hingga 18 Maret sebanyak 20 jamaah sudah melunasinya.

"Artinya hanya beberapa saja yang belum melunasi, tapi mungkin sampai hari terakhir pelunasan tahap dua para jamaah calon haji ini akan melunasi," ujarnya.

Saifuddin merincikan, sejauh ini untuk pelunasan BIPIH tahapan pertama sudah dilakukan oleh 387 jamaah yang terdiri dari jamaah reguler dan juga cadangan. Kemudian, tahapan kedua sebanyak 20 orang. 

"Maka, total sementara yang sudah melunasi hingga hari ini di Aceh Besar mencapai 407 jamaah," katanya.

Dirinya menuturkan, pelunasan BIPIH sampai ke tahap dua ini biasanya karena tidak dapat melunasi pada tahapan pertama akibat kegagalan sistem. 

"Kemudian, juga karena pendamping jamaah haji lanjut usia, penggabungan suami/istri dan anak kandung/orang tua yang terpisah, serta pendamping jamaah penyandang disabilitas," demikian Saifuddin.


Baca juga: Dinkes tes kebugaran 300 jamaah calon haji lansia Banda Aceh

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024