Dinas Kesehatan kota Banda Aceh menyiagakan tujuh unit ambulans di Public Safety Center (PSC) 119 layanan cepat tanggap darurat  dalam melayani penanganan kedaruratan bagi warga di kota itu pra rumah sakit.

“Saat ini kita memiliki tujuh armada ambulans dan juga dilengkapi dengan tenaga medis yang siap memberikan layanan 24 jam bagi masyarakat yang membutuhkan sebelum di rujuk ke pusat layanan kesehatan di Banda Aceh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan masyarakat yang membutuhkan penanganan cepat maka dapat menghubungi call center PSC Kota Banda Aceh di nomor 08116780119 dan petugas akan langsung merespon panggilan darurat tersebut.

Ia mengatakan dengan penanganan pada tahap pra rumah sakit tersebut dapat menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan setiap orang yang mengalami kegawat daruratan sehari-hari termasuk bencana alam.

“Kami juga berharap kepada masyarakat yang menggunakan call center ini dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas sehingga para petugas dapat bergerak dengan cepat sesuai dengan lokasi dan tempat pasien yang akan ditangani untuk dirujuk ke pusat layanan kesehatan,” katanya.

Menurut dia dalam menjamin layanan cepat tanggap tersebut, pihaknya memberlakukan beberapa kelompok yang akan bertugas sehingga saat masyarakat menghubungi layanan tersebut tim tetap akan bergerak untuk memberikan layanan.

Ia menambahkan dalam menghadapi libur panjang dan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, PSC Kota Banda Aceh tetap memberikan layanan seperti biasa dan memastikan setiap tim yang bergerak akan diisi oleh tim selanjutnya.

Pemerintah Kota Banda Aceh berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada seluruh masyarakat di ibu kota Provinsi Aceh itu.

Baca juga: BPJS ingatkan peserta pastikan status aktif sebelum mudik

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024