Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengalokasikan sebanyak 3.850 paket sembako yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin dan kurang mampu, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Pasar murah ini dimulai sejak tanggal 26 Maret hingga 3 April 2024, dipusatkan di masing-masing halaman kantor kecamatan di Kabupaten Aceh Barat,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM Kabupaten Aceh Barat, Fauzi kepada ANTARA di Meulaboh, Selasa.

Ada pun jenis paket bahan pokok yang dijual tersebut meliputi beras 10 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kilogram, tepung terigu 1 kilogram, telur satu papan (isi 30 butir), serta satu botol sirup.

Baca juga: Bangunan baru pasar modern Meulaboh beroperasi setelah Hari Raya Idul Fitri

Fauzi mengatakan harga satu paket bahan pokok yang dijual dalam pasar murah tersebut sebesar Rp195 ribu per paket nya.

Menurutnya, sasaran masyarakat yang berhak mendapatkan atau membeli bahan pokok dengan harga murah tersebut, merupakan masyarakat yang termasuk dalam Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Data ini sebagai referensi pemerintah daerah dalam menetapkan sasaran bagi program penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Aceh Barat.

Ada pun sasaran 3.850 paket sembako tersebut terdiri dari 150 paket di Kecamatan Sungai Mas, 400 paket di Kecamatan Pante Ceureumen, 258 paket di Kecamatan Arongan Lambalek, 156 paket di Kecamatan Woyla Barat, 500 paket di Kecamatan Panton Reue.

Kemudian 498 paket di Kecamatan Kaway XVI, 217 paket di Kecamatan Johan Pahlawan, 519 di Kecamatan Meureubo, 254 paket di Kecamatan Samatiga, 398 paket di Kecamatan Bubon.

Pemerintah daerah juga turut mengalokasikan 300 paket sembako di Kecamatan Woyla dan 200 paket di Kecamatan Woyla Timur.

“Paket sembako murah ini juga telah disubsidi oleh pemerintah daerah sebesar 40 persen dari harga normal,” kata Fauzi menambahkan.

Baca juga: Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh kembali semrawut, begini kata Pemkab Aceh Barat

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengharapkan dengan adanya kegiatan pasar murah tersebut, dapat meringankan pendapatan masyarakat khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat kurang mampu, dalam mendapatkan harga pangan dengan harga murah, demikian Fauzi.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024