Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh menggelar program pasar pangan murah sebagai upaya menekan angka inflasi di daerah itu sekaligus membantu warga memenuhi bahan kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pj Wali Kota Lhokseumawe A Hanan, Selasa, mengatakan kegiatan pasar murah digelar sebagai bentuk komitmen pemerintah kota dalam memberikan dukungan kepada masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga pangan menjelang lebaran Idul Fitri.

“Kami berharap dengan adanya pasar murah dan gerakan pangan murah ini, masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung dan terbantu dalam menjaga stabilitas ekonomi keluarga,” kata Hanan di Lhokseumawe.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat siapkan 3.850 paket sembako murah untuk warga miskin, dimulai hari ini

Ia menjelaskan, pasar murah untuk menjaga stabilisasi harga pangan dan pengendalian inflasi jelang Idul Fitri itu digelar pada delapan lokasi strategis di empat kecamatan wilayah Lhokseumawe, mulai 25 Maret hingga 4 April 2024.

Tujuannya, kata dia, selain untuk pengendalian inflasi, juga untuk memberikan akses yang lebih terjangkau kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menuju hari raya. 

Menurut Hanan, menggelar pasar murah di banyak titik penting untuk memastikan akses yang mudah bagi masyarakat dalam memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Menyebarkan manfaat secara merata, membantu stabilisasi harga, memberikan dukungan ekonomi langsung kepada masyarakat, dan menjadi wadah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Harga bahan pokok yang dijual pada pasar murah Kota Lhokseumawe yakni seharga Rp195 ribu per paket, yang terdiri dari beras 10 kg seharga Rp94 ribu, gula pasir 2 kg seharga Rp26 ribu, minyak goreng 2 liter seharga Rp30 ribu, dan telur ayam ras Rp45 ribu per papan isi 30 butir.

Dalam ajang dan lokasi yang sama, Pemprov Aceh melalui Dinas Pangan Aceh juga menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga murah pangan.

Baca juga: Distanbun Aceh bikin pasar tani edisi meugang, jual bahan pokok lebih murah

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024