Harga kebutuhan pokok di pasar Induk Lambaro Kabupaten Aceh Besar memasuki pekan ketiga Ramadhan Idul Fitri 1445 Hijriah stabil dan belum terjadi lonjakan harga kata pejabat setempat.

“Hasil pantauan yang kita lalukan setiap hari di pasar Induk Lambaro Kabupaten Aceh Besar khususnya harga kebutuhan pokok termasuk bahan pangan masih stabil,” kata Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopdag) Aceh Besar Trizna Dharma di Lambaro, Selasa.

Ia menjelaskan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk antisipasi kenaikan harga di pasaran adalah memaksimalkan pemantauan harga serta melaksanakan pasar murah.

“Pemantauan ini sangat penting dilakukan secara rutin, karena dengan adanya pantauan ini dapat dilakukan langkah dengan cepat untuk antisipasi jika terjadi lonjakan harga di pasaran,” katanya.

Baca juga: Pemkab dan BPS tinjau Pasar Induk Lambaro jelang Ramadhan

Adapun harga kebutuhan pokok di pasaran yakni  gula pasir curah Rp18 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp14.400 per kilogram, tepung terigu Rp15 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp26.700 per kilogram, beras medium Rp13.500 per kilogram, premium 14.500 per kilogram dan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) Rp11.500 per kilogram.

Kemudian cabai merah Rp35 ribu per kilogram, bawang merah Rp35 ribu per kilogram, daging ayam ras Rp25 ribu per kilogram, bawang putih Rp40 ribu per kilogram dan tomat Rp12 ribu per kilogram

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk tidak membeli secara berlebihan berbagai kebutuhan pokok karena persediaan yang ada sangat cukup untuk memenuhi permintaan pasar.

“Kita juga akan terus memantau dan berkoordinasi dengan semua pihak agar seluruh pasokan kebutuhan dari daerah penghasil lancar,” katanya.

Baca juga: Pastikan pasar tak semrawut, Pj Bupati Aceh bolak-balik ke Pasar Induk Lambaro

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024