Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Anggota Komisi VI DPR Fadhlullah meminta perbankan di Provinsi Aceh untuk mengoptimalkan pembiayaan  bagi sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"UMKM merupakan salah satu upaya mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat sehingga perlu adanya kontribusi besar perbankan untuk menjamin keberlanjutan usaha tersebut," kata Fadhlullah dihubungi di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan suatu usaha tidak akan mencapai keberhasilan yang optimal apabila tidak didukung oleh struktur permodalan yang kuat.

"Artinya, perbankan memiliki peran besar dalam ikut serta membangkitkan pertumbuhan ekonomi melalui dukungan pembiayaan kepada UMKM," katanya.

Menurut dia Pemerintah juga telah mengulirkan program kredit usaha rakyat yang dapat diakses melalui perbankan yang telah ditunjuk untuk pelaksanaan program tersebut.

"Kita berharap bank pelaksana KUR dapat membantu dukungan dana kepada seluruh UMKM yang ada di Aceh," katanya.

Ia meyakini dengan optimalnya perbankan penyaluran KUR memberikan fasilitas pembiayaan kepada pelaku usaha, upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan keberlangsungan UMKM yang tersebar di seluruh Aceh dapat terwujud.

Politisi yang akrab di sapa Dek Fad itu juga berharap agar target penyaluran KUR yang diberikan kepada provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu dapat terealiasi secara keseluruhan.

"Saya yakin dengan bantuan permodalan usaha ekonomi kreatif dan UMKM yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh akan terus bangkit," demikian kata Politisi Partai Gerindra tersebut.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017