Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, memastikan menggelar pawai takbiran menggunakan kendaraan hias saat malam takbiran menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dengan mengelilingi sejumlah kecamatan di daerah ini.

“Pawai takbiran ini juga akan dimeriahkan dengan pawai obor dan takbir keliling yang diikuti oleh masyarakat dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Suka Makmue, Kuala, dan Seunagan,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhas kepada wartawan di Suka Makmue, Senin.

Ia menyebutkan, tujuh kecamatan lainnya di Nagan Raya diantaranya Beutong Ateuh Banggalang, Beutong, Seunagan Timur, Darul Makmur, Tripa Makmur, Tadu Raya, Kuala dan Kuala Pesisir juga dijadwalkan melaksanakan pawai takbiran di wilayahnya masing-masing.

Fitriany Farhas mengatakan bahwa pawai takbiran ini merupakan salah satu upaya untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selain itu, pawai takbiran ini juga diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam di Kabupaten Nagan Raya.

“Pawai takbiran ini merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat Nagan Raya. Selain untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri, pawai takbiran ini juga diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam,” kata Fitriany menambahkan.
 
Rute pawai takbiran menggunakan kendaraan hias dan pawai obor yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (9/4/2024) malam. (ANTARA/HO-Dok Pemkab Nagan Raya)


Ia mengatakan, pawai takbiran ini akan dimulai setelah shalat Isya dengan titik kumpul di Masjid Agung Baitul A’la (Masjid Giok Aceh).

Ada pun rute pawai takbiran akan dimulai dari Masjid Giok, kemudian menuju Jalan Nasional ke arah Jeuram, Kecamatan Seunagan dan Simpang Peut, Kecamatan Kuala serta kembali lagi ke Masjid Giok.

Pj Bupati Fitriany menambahkan bahwa seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Nagan Raya juga ikut berpartisipasi untuk mengikuti pawai takbiran ini. 

Dia mengajak masyarakat Nagan Raya untuk turut memeriahkan pawai takbiran ini bersama-sama, dan mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya pawai.

“Semoga dengan adanya keikutsertaan dari seluruh OPD dan masyarakat, pawai takbiran menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah ini akan berlangsung dengan meriah,” demikian Fitriany.

Baca juga: Harga daging di Nagan Raya naik

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024