Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh memastikan kerusakan satu unit angkutan umum yang selama ini melayani rute perintis Beutong Ateuh, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang - Ujung Fatihah, Kecamatan Kuala telah dilakukan pergantian oleh Perusahaan Umum Jawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Perum Damri).

“Pergantian armada yang rusak ini menyahuti permintaan dari Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, terhadap armada angkutan perintis yang sebelumnya mengalami kerusakan mesin,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Efliyanto kepada ANTARA di Suka Makmue, Rabu.

Ia mengatakan, armada yang rusak tersebut sebelumnya merupakan jenis Toyota Hi-Aceh dan kemudian dilakukan pergantian dengan angkutan sementara jenis L-300. 

Namun armada tersebut kemudian kembali mengalami kerusakan, sehingga Perum Damri mengganti armada angkutan perintis tersebut dengan jenis semibus/minibus berkapasitas angkut 17-20 orang penumpang.

Efliyanto mengatakan layanan operasional minibus angkutan perintis trayek lokal yang melayani rute Blang Puuk, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang - Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas ll Aceh.

Bantuan bus angkutan perintis tersebut dikelola oleh Perum Damri, dengan jarak tempuh untuk sekali perjalanan mencapai 84 kilometer atau pulang pergi (PP) 168 kilometer.

Untuk jadwal keberangkatan dilayani setiap hari mulai pukul 07:00 WIB dari Blang Puuk, Beutong Ateuh Banggalang ke Ujong Fatihah, Kuala dan kembali ke Beutong Ateuh Banggalang pukul 17:00 WIB.

“Untuk ongkos penumpang juga sudah disubsidi sebesar 70 persen oleh Kemenhub melalui BPTD Kelas ll Aceh, jadi masyarakat hanya dibebankan 30 persen atau membayar Rp15 ribu per penumpang untuk sekali jalan,” demikian Efliyanto.

Baca juga: Susi Air layani penerbangan ke Pulau Weh Sabang

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024