Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Syariat Islam menggelar Dakwah Ramadhan Daiyah 1438 Hijriah yang  dikhususkan kepada kaum ibu dan perempuan.

Dakwah Ramadhan Daiyah perdana pada bulan suci tahun ini diawali dari di Mesjid Baitusshalihin, Ulee Kareng, Banda Aceh, Senin, yang dibuka secara simbolis oleh Kepala Dinas Syariat Islam Mairul Hazami.

Mairul menjelaskan kegiatan dakwah rutin setiap Ramadhan ini sudah dimulai sejak tahun 2011. Dakwah ini dikhususkan kepada kaum perempuan untuk menambah pengetahuan keislaman, baik ibu-ibu maupun remaja putri.

"Dakwah Ramadhan Daiyah menghadirkan penceramah perempuan. Tujuannya agar lebih memudahkan kaum hawa untuk lebih leluasa bertanya di setiap kegiatan tersebut," katanya.

Ia menambahkan dakwah daiyah tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama para ibu-ibu dan para remaja, terutama tentang praktek keseharian.

"Mungkin selama ini banyak hal yang ingin ditanya, mungkin malu bertanya karena ada jamaah lain atau penceramahnya dari kaum adam atau laki-laki," ujar Mairul Hazami.

Ia menyebutkan dakwah daiyah ini akan berlangsung hingga 20 Ramadhan atau 15 Juni 2017. Kegiatan berlangsung setiap harinya dan  berpindah-pindah ke setiap kecamatan dalam Kota Banda Aceh.

"Selain itu acara ini juga disiarkan secara langsung melalui beberapa stasiun radio. Tujuannya adalah agar para ibu-ibu yang tidak sempat hadir langsung bisa mendengarkan sambil beraktivitas di rumah," ujar dia.

Selain itu, Mairul berharap dengan digelarnya dakwah daiyah ini juga dapat terjalin silaturahmi dan persatuan antarsesama muslimah Kota Banda Aceh.

Persatuan adalah hal yang sangat dianjurkan dalam Islam untuk membangun kekuatan umat. Apalagi di bulan suci ini, gunakan untuk memperbanyak amalan," demikian Mairul Hazami.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017