Otoritas pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar Angkasa Pura II menyatakan telah memastikan fasilitas dan peralatan berfungsi guna menghadapi arus penumpang pada libur panjang 23 sampai 26 Mei 2024.
 
“Kita terus memastikan memastikan seluruh fasilitas dan peralatan berfungsi dengan baik, pengaturan check in counter untuk mengurai antrian di check in area apabila terjadi lonjakan penumpang di Bandara SIM,” kata kata Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SIM Darmadi di Banda Aceh, Jumat.
 
Ia menjelaskan hingga saat ini pergerakan penumpang di Bandara SIM dalam masa libur panjang tersebut masih terlihat normal dan belum adanya pergerakan peningkatan penumpang.
 
“Kita berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh pengguna bandara dan kita tetap mempertahankan aspek safety security dan service kepada seluruh pengguna jasa kebandaraan,” katanya.
 
Ia menyebutkan total penumpang yang berangkat dan datang pada Rabu (22/5) sebanyak 2.378 penumpang dan Kamis (23/5) sebanyak 2.015 penumpang.
 
“Artinya, sejauh ini belum terlihat terjadi lonjakan penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar,” katanya.
 
Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air dan Susi Air (perintis).
 
Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang dan Jeddah.
 
Kemudian untuk rute domestik terdiri dari Jakarta, Kualanamu dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, Gayo Lues.
 
Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.
 
Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024