Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyatakan penerapan syariat Islam yang berlaku di provinsi tersebut harus diterapkan dalam tata kelola pemerintahan di daerah setempat.

"Kita harus menerapkan nilai-nilai Islam dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi," kata Zaini dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten II Setda Aceh, Syaiba Ibrahim dalam Seminar Ekonomi Syariah dan Bedah Buku Dinamika Produk di Darussalam, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan salah satu penerapan syariat dalam perekonomian yang dilakukan pemerintah adalah terobosan konversi perbankan dari sistim konvensional menjadi perbankan syariah.

Menurut dia sistim ekonomi Islam terbukti lebih unggul dari sistim kapitalis serta membawa manfaat bagi masyarakat. Pola interaksi ekonomi syariah juga sudah melembaga dan integral dengan keseharian masyarakat Aceh.

"Kita berharap masyarakat Aceh semakin sejahtera dan secara perlahan dapat meninggalkan sistim ekonomi ribawi, dengan mengoptimalkan dan memberdayakan institusi keuangan syariah," katanya.

Gubernur berharap lewat Seminar Ekonomi Syariah yang digelar oleh Bank Indonesia tersebut, dapat lahir pemikiran yang visioner bagi kemajuan pembangunan ekonomi Aceh berbasis syariat Islam.

"Kita berharap dalam dua hingga tiga tahun Aceh bisa menjadi lokomotif ekonomi syariah tidak saja di Indonesia melainkan ASEAN dan dunia," demikian Zaini.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017