Wakil Presiden Ma'ruf Amin melepas keberangkatan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Aceh di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, sekaligus meminta jamaah untuk menjaga kesehatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik.

"Sore ini saya mengantar keberangkatan jamaah haji Aceh, jamaah haji Aceh rata-rata menunggu keberangkatannya sampai 34 tahun," kata Ma'ruf di Aceh Besar, Rabu.

Jamaah haji kloter berjumlah 393 jamaah asal Aceh Besar dan Sabang tiba di bandara sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka telah mengenakan pakaian ihram. 

Ma'ruf tiba di lokasi disambut Irjen Kemenag RI Faisal Ali Hasyim, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh Azhari, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dan sejumlah pejabat lain.

Ma'ruf Amin didampingi Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah ikut masuk ke dalam pesawat. Usai Ma'ruf melakukan pelepasan, seluruh jamaah kemudian masuk ke dalam pesawat untuk terbang ke Tanah Suci tepat pada pukul 18.22 WIB.

Ia mengatakan, sebagian besar jamaah yang berangkat merupakan lanjut usia. Kendati demikian, mereka dalam kondisi sehat dan bahagi.

"Sebagian jamaah yang berangkat merupakan lansia bahkan tadi saya lihat ada yang 82 tahun," kata Ma'ruf.

Wapres meminta kepada jamaah untuk menjaga kesehatan dan membawa air minum mengingat panasnya cuaca di Arab Saudi. Pemerintah telah menyiapkan petugas untuk dapat membimbing jamaah selama menjalankan ibadah haji.

"Saya juga minta jamaah untuk mewaspadai cuaca panas di tanah suci yang sampai 43 derajat, mereka kita minta selalu membawa air, dan tidak terlalu memaksa diri dalam beribadah supaya pelaksanaan ibadah haji yang wajib tidak tertinggal," ujarnya.

Baca juga: 393 calon haji Aceh kloter pertama diterbangkan ke Tanah Suci

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024