Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah menilai penyelenggaraan Karya Nyata Festival Vol.7 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Ache oleh Rumah BUMN Aceh menjadi salah satu upaya untuk terus memperkuat ekosistem usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di provinsi paling barat Indonesia itu.

“Acara ini bukan sekadar sebuah festival, melainkan peristiwa penting yang menunjukkan kesungguhan kita dalam mendorong dan memperkuat ekosistem UMKM di Aceh,” pesan Bustami di Banda Aceh, Sabtu, dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Zulkifli saat secara resmi membuka Karya Nyata Festival Vol.7 di Lapangan Blang Padang.

Baca juga: Karya Nyata Festival Vol.7 BUMN resmi dibuka di Banda Aceh

Ia menilai Karya Nyata Festival Vol.7 merupakan momentum bagi Aceh untuk merayakan keberhasilan, semangat, dan kreativitas dalam pengembangan UMKM, serta dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan perkembangan talenta kreatif di Tanah Air.

“Kita semua bersama-sama telah menyaksikan betapa beragamnya potensi dan bakat yang dimiliki oleh para pelaku UMKM di Aceh. Dari hasil karya mereka, kita dapat melihat keindahan dan kekayaan budaya Aceh yang tercermin dalam setiap produk yang dihasilkan,” ujarnya.

Dalam Karya Nyata Festival Vol.7 tidak hanya menampilkan produk unggulan UMKM, tetapi juga diberikan panggung bagi para talenta muda Aceh dalam bidang seni, kreativitas, dan teknologi. 

Menurut dia, generasi muda ialah aset berharga bagi Aceh. Pemerintah sangat bangga melihat semangat dan dedikasi anak-anak muda Aceh yang terus berinovasi dan berkreasi.

Di tengah tantangan global, lanjut dia, Pemprov Aceh percaya bahwa UMKM dan generasi muda memiliki peran yang sangat penting dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Aceh. 

“Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat ekosistem UMKM serta memberikan lebih banyak kesempatan dan fasilitas bagi generasi muda untuk berkembang dan bersinar,” ujarnya.

Pihaknya juga mengapresiasi Kementerian BUMN, PT PLN, Bank Syariah Indonesia, serta seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan festival itu, karena kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam menciptakan dampak yang nyata bagi pembangunan ekonomi dan sosial di Aceh. 

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk terus mendukung dan membeli produk-produk UMKM Aceh. 

“Dengan mendukung UMKM, kita tidak hanya membantu para pengusaha kecil untuk bertahan dan berkembang, tetapi juga turut memperkuat perekonomian lokal serta melestarikan kekayaan budaya dan tradisi Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, CEO Rumah BUMN Aceh Helmi Fadli mengatakan Karya Nyata Festival Vol.7 merupakan wujud nyata dari komitmen Kementerian BUMN melalui Rumah BUMN untuk terus berkontribusi positif bagi masyarakat dan pembangunan di daerah.

"Acara ini tidak hanya menjadi ajang memperlihatkan inovasi dan karya BUMN, tetapi juga sebagai sarana memperkuat kolaborasi dan sinergi antara BUMN, pemerintah daerah dan masyarakat," kata Helmi.

Baca juga: Karya Nyata Festival Vol.7 hadirkan berbagai lomba dengan hadiah belasan juta rupiah

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024