Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meminta kepada masyarakat agar bijak menggunakan elpiji tiga kilogram yang di subsidi oleh pemerintah, serta tidak melakukan penyalahgunaan.

"Kami mengimbau masyarakat bijak dalam menggunakan elpiji tiga kilogram dengan tidak menimbun dan menjual kembali elpiji tiga kilogram yang notabene barang bersubsidi," Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria dalam keterangan diterima di Meulaboh, Jumat.

Satria mengimbau masyarakat untuk membeli elpiji elpiji tiga kilogram di pangkalan resmi Pertamina agar bisa mendapat harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah setempat. 

Perlu diketahui, terdapat beberapa usaha yang dilarang untuk menggunakan elpiji bersubsidi seperti yang tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Migas No. B-2461/MG.05/DJM/2022. 

Beberapa usaha yang dilarang menggunakan elpiji tiga kilogram antara lain hotel, restoran, usaha penatu, peternakan, tani tembakau, batik, usaha jasa las dan lain-lain.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Adha, Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan penguatan stok elpiji tiga kilogram sebanyak 147.840 tabung atau 444 Metrik Ton (MT) di Aceh.

Ia menjelaskan, penguatan stok elpiji ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan LPG 3 kg masyarakat pada masa Idul Adha yang juga bertepatan dengan akhir pekan (libur panjang).

“Penguatan stok elpiji di Aceh akan dilaksanakan selama masa Hari Raya Idul Adha dan libur panjang yang terdapat pada bulan Juni 2024,” kata Satria menambahkan.

Selain memastikan ketersediaan LPG tiga kilogram menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 di wilayah Sumbagut termasuk di Provinsi Aceh, pihaknya juga menjamin ketersediaan elpiji non subsidi yaitu Bright Gas tersedia di lapangan baik di pangkalan maupun outlet yang tentunya mudah di akses masyarakat.

Pihaknya mengimbau kepada pelanggan yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina, serta dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135, demikian Satria.


Baca juga: Pertamina pastikan persediaan elpiji di Aceh lebaran Idul Adha aman

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024