Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh membagikan 2.200 kantong daging kurban pada lebaran Idul Adha 1445 Hijriah untuk masyarakat di Kota Banda Aceh dan sekitarnya. 

"Ada 2.200 tumpuk daging kita bagikan kepada masyarakat yang sebelumnya mendapat kupon, hari ini mereka mengambil daging dengan tertib di basement parkir masjid," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, di Banda Aceh, Senin. 

Saifan mengatakan, tahun ini Dinas Syariat Islam Aceh melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menerima sumbangan hewan kurban dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) sebanyak 41 ekor, terdiri atas 28 ekor sapi dan 16 ekor kambing. 



"Dengan jumlah hewan tersebut, panitia bersepakat menyantuni proposal permintaan daging kurban yang diterima walaupun tidak semua seperti jumlah yang disebutkan di dalam proposal," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Masjid Raya Baiturrahman menerima 1.171 proposal permintaan daging kurban dari masyarakat. Dalam setiap proposal, paling banyak permintaan daging untuk 60 orang dan paling sedikit untuk 10 orang. 

Dengan jumlah proposal sebanyak itu, pihak MRB harus menyediakan 3.450 kantong daging kurban (kupon). Namun, jumlah hewan kurban yang diterima belum cukup untuk memenuhi seluruh permintaan. 

Karena itu, Saifan berharap ke depannya jika masih dipercayakan sebagai penyalur daging kurban, agar lebih banyak derma yang mau menyumbangkan hewan kurbannya ke Masjid Raya Baiturrahman.

"Semoga banyak yang disampaikan kepada panitia sehingga kedepannya kita mampu memfasilitasi kepada pemohon yang berhak dari fakir miskin, anak yatim, kaum duafa agar dapat kita berikan sesuai dengan harapan mereka," katanya. 

Selain itu, dirinya juga berharap warga pemohon daging kurban ke MRB merupakan orang yang benar-benar pantas menerima daging kurban, dan tidak ada penyembelihan hewan kurban di desanya.

"Kita sangat berharap kejujuran dari masyarakat pengajuan proposal individu ataupun kelompok," demikian Saifan Nur.

Baca juga: Ribuan warga Aceh shalat Idul Adha 1445 Hijriah di lapangan Blang Padang

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024