Harga sejumlah bahan kebutuhan harian di Pasar Induk Lambaro, Kabupaten Aceh Besar naik usai Idul Adha 1445 Hijriah menyusul terbatasnya pasokan komoditas ke pasar.

“Ada beberapa kebutuhan harian yang mengalami kenaikan harga seperti cabai rawit, telur ayam ras, kentang, dan pisang,” kata Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar, Trizna Dharma, di Lambaro, Jumat.

Ia menyebutkan harga cabai merah naik menjadi Rp35 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp30 ribu, telur ayam ras Rp27.800 dari sebelumnya Rp26.700 per kilogram, kentang menjadi Rp17 ribu dari 15 ribu per kilogram, dan pisang Rp15 ribu dari Rp13 ribu per kilogram.

Adapun harga sejumlah kebutuhan lainnya turun, seperti ikan kembung, bandeng, tongkol, jeruk lokal dan kacang panjang, menyusul banyaknya pasokan di pasaran.

“Secara umum untuk kebutuhan pokok lainnya sesuai dengan hasil pantauan di lapangan harga masih stabil dan tidak terjadi kenaikan signifikan,” katanya.

Adapun harga kebutuhan pokok lainnya seperti gula pasir curah Rp19 ribu per kg, minyak goreng curah Rp14.400 per kg, tepung terigu Rp14 ribu per kg, beras medium Rp13.300 per kg, dan beras premium 14.000 per kg.

Ia menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk mengantisipasi kenaikan harga di pasaran adalah memaksimalkan pemantauan harga secara rutin serta melaksanakan pasar murah.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat sebut kenaikan harga jual daging segar bersifat sementara, turun lagi setelah libur Idul Adha

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024