Sebanyak 2.233 peserta mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2024 menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE)  di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman di Darussalam, Banda Aceh, Senin mengatakan ujian tersebut berlangsung selama empat hari yang tersebar di lima lokasi ujian yakni Fakultas Sains dan Teknologi (FST), UPT PTIPD, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dan Lab Multifungsi.

Ia menyebutkan lewat jalur tersebut UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan kuota sebesar 1.992 mahasiswa yang tersebar di 29 program studi (Prodi) yang ada di kampus tersebut..

Lebih rinci ia mengatakan secara nasional, tercatat ada 3.403 pendaftar memilih UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan 2.233 peserta mengikuti ujian di panlok UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf mengatakan setelah jalur UM-PTKIN, UIN Ar-Raniry Banda Aceh masih membuka jalur terakhir yaitu Jalur Mandiri atau PMB Lokal.

Baca: UIN Ar Raniry Banda Aceh kukuhkan delapan guru besar

Ia mengatakan lewat jalur tersebut, terdapat tiga pilihan yakni  seleksi mandiri PMB Lokal berdasarkan tes berbasis komputer di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kedua, seleksi mandiri portofolio dengan memanfaatkan nilai UTBK SNBT atau SSE UM-PTKIN tahun 2024.

Kemudian seleksi mandiri prestasi berdasarkan prestasi akademik dan/atau non-akademik serta prestasi dayah seperti kemampuan membaca dan menelaah kitab.

Ketua Admisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Muammar Yulian menambahkan pelaksanaan ujian dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya dengan total 10 ruang ujian yang disiapkan, masing-masing menampung maksimal 20 peserta.

Ia menambahkan dari total peserta yang ikut ujian di UIN Ar Raniry, dua di antaranya peserta berkebutuhan khusus.

“Kami juga telah menyiapkan fasilitas ujian dan petugas khusus untuk membantu peserta berkebutuhan khusus dalam mengikuti ujian di UIN Ar Raniry,” katanya.

Baca: UIN Ar-Raniry luluskan sebanyak 808 wisudawan
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024