Pj Bupati Aceh Besar menyatakan Gampong Bueng Sidom Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar menjadi juara pertama Gampong atau Desa Terbaik se-Aceh tahun 2024 setelah menyisihkan empat finalis lainnya dari berbagai Kabupaten/Kota se-Aceh.

“Alhamdulillah dan syukur pada Allah, karena di hari Jumat baraqah ini Aceh Besar mendapat prestasi sebagai Gampong Terbaik se-Aceh tahun 2024. Ini adalah prestasi puncak, setelah dua kali Aceh Besar meraih posisi runner up di tahun sebelumnya,” kata Muhammad Iswanto di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikan usai acara penyerahan hadiah kepada pemenang lomba gampong tingkat provinsi yang diserahkan Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah di ruang serba guna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan prestasi tersebut menjadi bukti bahwa pengelolaan dan penggunaan dana gampong, pemberdayaan ekonomi, keikutsertaan warga dalam pembangunan gampong di semua lini.

“Prestasi ini juga termasuk dengan penanganan stunting dan peningkatan UMKM di Gampong Bueng Sidom serta peran serta seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya,” katanya yang turut didampingi  Keuchik/kepala desa Bueng Sidom Muhammad Yanis.

Pemkab Aceh Besar beserta jajaran akan fokus untuk mempersiapkan Gampong Bueng Sidom yang akan mewakili Provinsi Aceh untuk lomba gampong/desa di tingkat nasional.

 “Insya Allah kita akan berupaya agar Bueng Sidom masuk sebagai finalis di tingkat nasional. Tentu saja ini butuh usaha keras, dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Aceh khususnya Aceh Besar,” kata Iswanto.

Adapun rincian juara Lomba Gampong se-Aceh tahun 2024 itu adalah, juara ke satu diraih oleh Gampong Bueng Sidom, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar dan Juara kedua diraih Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, sedangkan Juara ketiga diraih oleh Gampong Hagu Selatan, Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024