Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh dan TP-PKK Aceh, Darwati A Gani menilai Dekranasda memiliki peran strategis dalam mempercepat pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan keluarga.

"Peran strategis ini tidak terlepas  dari keberadaan PKK dan Dekranasda yang mampu berkontribusi dalam mendukung percepatan pembangunan, terutama dalam bidang pemberdayaan keluarga," kata Darwati di Jantho, Aceh Besar, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik Rahmah Mawardi Ali sebagai Ketua Dekranasda dan TP-PKK Aceh Besar di Gedung Institut Seni Budaya, Kabupaten Aceh Besar.

Darwati menjelaskan secara garis besar, kegiatan PKK tercantum dalam 10 Program Pokok PKK yang kesemuanya merupakan landasan bagi pengabdian kader-kader PKK di semua lini.

Program-program tersebut antara lain menyentuh bidang pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan keluarga dan kesehatan.

Darwati mengatakan Gubernur Aceh, Irwandi juga sangat mendukung berbagai kegiatan PKK.

Darwati juga mengatakan Dekranasda perlu mendorong hasil kerajinan rakyat dari daerah agar mampu berbicara di tingkat global agar dapat berkotribusi bagi pembangunan daerah.

"PKK dan Dekranasda mutlak harus siap menjalankan program yang berkualitas dan bermanfaat untuk rakyat sehingga eksistensi dan peran organisasi ini mendapatkan legitimasi kuat dari seluruh komponen pembangunan," katanya.

Darwati juga mengajak Ketua Dekransda dan TP-PKK Aceh Besar agar dapat dapat bekerja keras dalam memasyarakatkan PKK dan Dekranasda sebagai gerakan dari arus bawah dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita harus bisa memperkuat dan mendukung gerakan¿gerakan pembangunan kesejahteraan keluarga melalui karya dan program nyata," kata Istri Gubernur Aceh Irwandi Yusuf itu.

Ia juga berharap di bawah kepengurusan yang baru tersebut, PKK dan Dekranasda Aceh Besar dapat menunjukkan perannya dalam mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga di daerah.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengatakan Dekranasda merupakan mitra pemerintah dan memiliki peran mulia dalam memajukan perekonomian masyarakat.

"Dekranasda memiliki tugas dalam membina perkembangan seni dan mejaga berbagai warisan budaya, keanekaragaman daerah yang bersifat lokal maupun nasional, menggali, dan melestarikan budaya bangsa," katanya.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017